PESANTREN IIQ

- INSTITUT - ILMU - QUR'AN - JAKARTA -

MTQ Provinsi Banten pada Maret 2014

SERANG – Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Banten akan memajukan jadwal pelaksanaan musabaqoh tilawatil Quran tingkat Provinsi Banten. Biasanya dilaksanakan pada bulan Mei, pada tahun 2014 akan dilaksanakan pada bulan Maret. Lokasinya di Kota Cilegon.

Ketua Harian LPTQ Provinsi Banten Zainal Mutaqin menjelaskan, dipercepatnya pelaksanaan MTQ ini untuk mengantisipasi eksodusnya qori dan qoriah Banten ke daerah lain menjelang MTQ Nasional ke-25 di Kepulauan Riau. Selama ini setiap perlehatan MTQ tingkat nasional, qori dan qoriah Banten banyak yang diambil untuk membela daerah lain, seperti DKI Jakarta, Jabar, Lampung, Maluku, Bengkulu, Kepuluan Riau, dan Papua Barat. Padahal perhatian dan pembinaan yang dilakukan Pemprov Banten cukup besar terhadap para qori dan qoriah yang berhasil meraih juara.

"Bahkan Banten salah satu daerah yang memberikan bonus yang besar, selain DKI, Jabar, dan Papua Barat. Juara satu tingkat nasional saja mendapatkan Rp150 juta," kata Zainal yang didampingi tim Pembina LPTQ Provinsi Banten Eka Suryalesmana usai menghadiri rapat pembinaan LPTQ tingkat Provinsi Banten di Masjid Raya Al-Bantani, KP3B, Jumat, (27/9/2013).

Zainal berharap pada pelaksaan MTQ di Kepri nanti, tidak ada lagi qori dan qoriah di Banten yang menjadi kutu loncat dengan memperkuat daerah lain. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada LPTQ kabupaten/kota agar memiliki data base peserta MTQ tingkat kabupaten/kota. Jika ada peserta MTQ asal Banten yang diambil daerah lain, Banten bisa mengajukan keberatan untuk menggugurkannya.

“Kita akan tegas bagi para qori dan qoriah yang membelot membela daerah lain, termasuk para pembinanya juga akan tindak tegas. MTQ ini syiar islam, bukan perlombaan seperti olahraga,” ujarnya. (Angga)

Sumber: http://www.radarbanten.com/read/berita/10/14012/MTQ-Provinsi-Banten-pada-Maret-2014.html

 

 

voice of iiq

KOLOM PENGASUH