PESANTREN IIQ

- INSTITUT - ILMU - QUR'AN - JAKARTA -

MTQ Tingkat Nasional XXV Tahun 2014 di Batam Provinsi Kepri

Kemenag Kab. Karimun - Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional  yang ke 25 tahun 2014 yang akan digelar di Batam Provinsi Kepulauan Riau pada Juni 2014 mendatang telah  hampir rampung. Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan di Batam, mengatakan, pembangunan astaka, menara dan gerbang di Dataran Engku Putri sudah hampir selesai. Pun dengan pembangunan beberapa ruas jalan untuk membuka akses ke lokasi acara.

Selain itu sarana pendukung seperti hotel, transportasi dan lainnya juga sudah siap untuk pelaksanaan agenda nasional itu. Ia berkata, meski Pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional Tahun 2014 ini adalah agenda rutin Kementerian Agama, namun Pemerintah Kota Batam turut mendukung dengan menyediakan berbagai fasilitas kegiatan keagamaan itu.

"Kami buat menara, taman dan gerbang secara permanen. Sedangkan mimbar dan astakanya yang membangun pemerintah provinsi. Nantinya mimbar dan astaka yang dibuat secara permanen akan dihibahkan oleh pemprov untuk dijadikan museum usai MTQ Tingkat Nasional 2014 nantinya," katanya.

Pelaksanaan MTQ NasionaL 2014 yang akan digelar di Batam, Provinsi Kepulauan Riau kali ini disejalankan dengan pembukaan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI).

Ketua Umum MTQ Nasional 2014, Soerya Respationo mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah agenda untuk mempersiapkan acara akbar tersebut. Untuk memberikan bobot, ia mengatakan, unsur budaya Melayu akan dihadirkan pada penyelenggaraan MTQ.

MTQ Nasional 2014 kali ini merupakan panggilan historis kemelayuan nusantara. Tak akan Melayu bila tidak menjunjung Islam sebagai akar budaya,” kata Soerya yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau beberapa waktu yang lalu.

Soerya menegaskan untuk MTQ mendatang pihaknya tidak hanya sekadar menyuguhkan peristiwa rutin dan berkala saja. “Kami bertekad untuk menjadikan MTQ Nasional 2014 Kepri kali ini sebagai perhelatan kebangkitan MTQ dalam coraknya yang unik, kharismatik dan spesifik,” ujarnya.

Dijadwalkan MTQ Ke 25 Nasional 2014 di Batam ini akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudoyono (SBY). Selain itu artis Maher Zain juga dijadwalkan akan meramaikan acara 2 tahunan ini.

Sementara itu Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), H Muhammad Sani dalam setiap kunjungan kerjanya ke daerah-daerah di Kepri, selalu meminta kepada masyarakat untuk mendoakan agar pelaksanaan MTQ 2014 yang akan digelar di Kota Batam dapat berjalan lancar dan sukses.

Gubernur juga selalu mengajak masyarakat di seluruh penjuru Kepri, agar bersama-sama ikut mensukseskan dan meramaikan pelaksanaan MTQ Nasional mendatang.

“Ada 34 Provinsi di Indonesia dan semuanya ingin menjadi tuan rumah MTQ Nasional 2014. Dan kita mendapatkan kesempatan tahun ini. Event ini diselenggarakan 2 tahun sekali. Kalau setelah ini kita ingin menjadi tuan rumah lagi, tentu sesuai urutan, harus menunggu 68 tahun mendatang,” jelasnya saat kunjungan kerja di Kabupaten Bintan belum lama ini.

Untuk informasi lebih lengkap seputar MTQ Nasional Batam ini bisa dilihat di website resmi MTQ Nasional XXV Tahun 2014 http://mtqnasionalxxvkepri.com/ atau bisa diunduh Google Play dengan nama "MTQ Nasional 2014".

Sumber: http://kemenagkarimun.blogspot.com/2014/03/mtq-nasional-xxv-tahun-2014-di-batam-provinsi-kepri.html

 

voice of iiq

KOLOM PENGASUH