PESANTREN IIQ

- INSTITUT - ILMU - QUR'AN - JAKARTA -

Pendidikan Penggerak IIQ Jilid 3

Setelah sukses dengan acara PPI Jilid 1 dan 2, Pesantren Takhasus IIQ Jakarta kembali mengadakan PPI Jilid 3 di Serua Green Village Bojongsari, Sawangan, Depok.  Acara ini dilaksanakan pada 04-05 Februari 2019. PPI kali ini lebih memaksimalkan kerja lapangan dibanding materi dalam ruangan. Peserta PPI tidak lagi terlalu banyak mendengarkan materi, namun langsung menguatkan kerja tim yang dibangun dari berbagai permainan.

 

Elemen lembaga organisasi di IIQ memang beragam, dari Pengurus Pesantren, Badan Kelengkapan Keluarga Besar Mahasiswa (BKKBM) IIQ yang mencakup Senat Mahasiswa (Sema), Dewan Mahasiswa (Dema), Dewan Mahasiswa Perfakultas (Dema FT, Dema FS, Dema FU), Koperasi Mahasiswa (Kopma), Taman Pendidikan Al-Qur`an (TPQ), Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), Lembaga Seni Budaya Mahasiswa (LSBM), Perpustakaan Baitul Hikmah (Perbaik), Lembaga Bahasa IIQ (LBI) dan beberapa Organisasi Daerah (Orda). Keseluruhan lembaga tersebut mayoritas berkegiatan di Pesantren Takhasus IIQ Jakarta. Untuk memadukan visi, misi, dan koordinasi yang baik, diharapkan kegiatan PPI ini mampu mengharmonikan kinerja antar lembaga dan mencegah terjadinya overlapping. Untuk itu, dalam rangkaian acara juga disertakan Rapat Koordinasi (Rakor) yang menjadi agenda tahunan Pesantren Takhasus IIQ Jakarta dengan semua lembaga kemahasiswaan di IIQ Jakarta.

 

“PPI adalah konsep Latihan Kepemimpinan (LK) yang berbeda dari LK biasanya. Aplikatif dan tidak menjenuhkan. Melalui PPI, kami diarahkan untuk menyamakan frekuensi dalam kepengurusan, baik niat, tujuan, dan cara pandang. Sehingga selesai kegiatan PPI kami membawa semangat baru untuk melaksanakan kepengurusan kami satu periode kedepan. Harapan kami, PPI tetap dilaksanakan, selain untuk rakor juga bisa jadi media evaluasi kenerja kepengurusan.” Tanggap Itsam Samrotul Fuadah, Ketua Sema IIQ.

 

“PPI Jilid 3 keren banget karena metode yang digunakan dalam pelatihan PPI ini bukanlah teori ataupun motivasi namun terjun langsung melalui sebuah game bagaimana cara menyelesaikan sebuah tantangan yang dihadapi.” Tambah Nur Ruwaidah, Presiden Dema Fakultas Syariah. (HF)

 

 

 

voice of iiq

KOLOM PENGASUH